Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Penyebabnya

Posted by

Kali ini akan sedikit berbagi informasi lanjutan tentang bagaimana cara mengtasi laptop yang sering mati sendiri dan apa penyebabnya? Sebuah pertanyaan yang sering diajukan, bahkan oleh pembaca blog Cara Memperbaiki Laptop ini. Untuk itu simaklah beberapa masalah dan solusi laptop mati sendiri pada ulasan dibawah ini : 

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
RAM Bermasalah
Ram mengambil peran sangat penting di dalam perangkat laptop sebagai penyimpan data sementara. Ketika laptop tiba - tiba mati mungkin bisa saja disebabkan karena terdapat masalah pada RAM. Bagi anda yang sudah terbiasa bongkar pasang laptop mungkin tidak menjadi masalah menemukan letak RAM dan membersihkan RAM tersebut dengan penghapus karet. Namun meski aman, tetap lakukan dengan hati-hati untuk membersihkan lahan tembaganya dengan penghapus, semoga setelah itu laptop tidak lagi mati sendiri.

Pasta Processor Kering
Ini biasa terjadi karena Laptop sobat sudah berumur, sehingga laptop sering mati sendiri, karena panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir, bagaimana cara mengatasinya? Sobat cukup membeli pasta processor di toko yang harganya juga terbilang murah lalu oleskan pasta processor tersebut secara merata. 

Kerusakan Pada Motherboard
Jika masalahnya ada pada motherboard lumayan rumit juga kerusakanya, sebab motherboard adalah papan kontroler yang mengatur semua aktivitas komputer, namun tidak jadi persoalan, beberapa kasus motherboard mati total masih bisa diperbaiki, saran saya usahakan perbaiki masalah ini sendiri, sobat bisa miliki Ebook Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop dari Qbonk Media Group

Sistem Operasi Rusak
Ini wajar, entah karena virus atau sebab apa, namun jangan khawatir laptop yang mati sendiri karena OS yang rusak solusinya adalah INUL (Instal Ulang) saja.


Banyak Debu dan Kotoran di Laptop
Jika debu dan kotoran yang menjadi penyebab laptop sering mati sendiri, cukup fatal akibatnya. Debu dan kotoran ini bisa terletak pada kipas dan komponen lainya yang menyebabkan panas berlebih (Overhead). Solusinya bongkar laptop dan lakukan cleaning dengan bantuan alat kuas.

Semoga setelah dilakukan pembersihan, hardware laptop dapat bekerja dengan baik dan laptop tidak lagi mati sendiri.

Demikianlah beberapa Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri dan Penyebabnya pada postingan kali ini, semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 8:13 PM
Powered by Blogger.