Solusi Acer V5 Mati Total

Posted by

Akhir-akhir ini saya mendapat servicean laptop Acer V5 dengan kerusakan mati total, ketika charger dipasang indikator tidak nyala sama sekali. kecurigaan kerusakan pada komponen yang biasa yaitu capasitor, mosfet, dioda maupun IC power. langkah awal jangan memasang charger terlalu lama pada laptop dengan kerusakan mati total atau short pada komponen,karena akan mengakibatkan panas pada komponen yang short dan terbakar pada bagian blok komponen tersebut. perhatikan gambar dibawah ini kondisi laptop setelah dibongkar

2014-02-17 15.06
acer v5
Untuk kerusakan yang saya alami terdapat capasitor yang pecah, secara fisik terlihat jika diamati dengan teliti. karena komponen yang terdapat dalam motherboard secara menyeluruh komponen mikro/smd. mari kita ammati lebih dekat capasitor mana yang membuat laptop menjadi Short/mati total . perhatikan gambar dibawah ini dengan jelas .
kerusakan Acer V5
Solusinya ganti caps yang rusak tersebut dengan ukuran yang sama , atau bisa diambilkan dari motherboard laptop/netbook yang bekas tidak terpakai. cari capasitor yang dilalui oleh jalur Vin +19v. kemudian pasang dan coba apakah masih short atau tidak. alhamdulillah kasus terselesaikan dengan sempurna tanpa ada kerusakan yang lainya.
acer V5 solved
Sumber


Blog, Updated at: 8:32 AM
Powered by Blogger.