Komponen Laptop

Posted by

MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN LAPTOP
Dalam perbaikan motherboard laptop, hal pertama yang harus dikuasai ialah memahami atau mengenal komponen dasar elektronika. apalagi teknologi sekarang semakin canggih , setiap komponen yang digunakan menjadi mikro chip. disini saya akan menjelaskan beberapa komponen yang harus kalian kuasai dalam perbaikan motherboard.
1. RESISTOR
Resistor adalah sebuah komponen dasar elektronika yang fungsinya adalah untuk menghambat arus listrik yang melewati suatu rangkaian.
resistor smd
Bisa dibilang  semua rangkaian elektronika selalu menggunakan komponen elektronika ini. Jadi wajar apabila komponen ini menjadi komponen elektronika yang paling terkenal. Selain itu resistor juga menjadi komponen yang mempunyai harga paling murah dipasaran. Secara lengkap fungsi resistor adalah sebagai berikut:
1. Resistor berfungsi sebagai pembagi arus
2. Resistor berfungsi Sebagai pembatas / pengatur arus
3. Resistor berfungsi Sebagai penurun tegangan
4. Resistor berfungsi Sebagai pembagi tegangan
5. Resistor berfungsi Sebagai penghambat aliran arus listrik,dan lain-lain.
2. SMD CAPASITOR
smd-capacitors-thumb9377070
Fungsi utama sebuah kapasitor adalah untuk menyimpan tenaga listrik, penapis, dan penala. Untuk kapasitor jenis SMD, tersedia antara 1 pF s/d 1 uF. Selain itu, ukuran yang ada tersedia untuk kapasior ini yakni antara 0603 s/d 1206. Dalam hal ini, kapasitor paling banyak dan sering digunakan adalah jenis kapasitor yang terbuat dari bahan keramik. Selain itu, dikenal pula apa yang disebut jenis kapasitor tantalum yakni kapasitor yang memiliki kapasitansi 1 uF dan ukuran lain di atasnya. Kapasitor jenis tantalum ini memiliki kutub positif dan negatif yang secara jelas tertera pada bagian luarnya.
3. MOSFET/FET
mosfet code
MOSFET adalah transistor berjenis FET, Field Effect Transistor jenis MOS. Fungsi transistor bermacam-macam dan bisa di analogikan antara C dan E nya merupakan resistor variable yang tergantung pada seberapa besar arus yang mengalir lewat B nya.Untuk FET, D dan S nya yang merupakan resistor variable dan tergantung pada tegangan G nya.Jadi transistor atau juga FET yang termasuk kelompok yang sama, bisa difungsikan untuk penguat arus atau tegangan elektronik, untuk fungsi sebagai sakelar elektronik dan berbagai keperluan lain.
4. SUPER I/O
SUPER I/O chip yg skrng di kenal dengan EC (Embedded Controller) atau Keyboard Controller
ITE
Mengapa namanya SUPER? Karena dulu skitar tahun 1980 an – 1990 an setiap device (peralatan) yg hendak di hubungkan ke system Mainboard membutuhkan chip I/O tersendiri dengan system yg terpisah, sehingga membuat system computer menjadi ribet, tapi sejak perusahaan seperti Nuvoton, Winbond, ITE, ENE, SMSC dll memproduksi chip yg mampu mengakomodir semua kebutuhan input output maka hal itu dapat diatasi, artinya untuk menghubungkan Harddisk, Floppy disk, Printer, Mouse, dll ke Mainboard cukup dengan 1 chip saja, atau dengan kata lain chip ini menyediakan semua port yg dibutuhkan untuk peralatan external, oleh karena itu chip ini cukup layak mendapat gelar “Super” .
5. TRANSISTOR
transistro smd
Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya. Pada umumnya, transistor memiliki 3 terminal, yaitu Basis (B), Emitor (E) dan Kolektor (C). Tegangan yang di satu terminalnya misalnya Emitor dapat dipakai untuk mengatur arus dan tegangan yang lebih besar daripada arus input Basis, yaitu pada keluaran tegangan dan arus output Kolektor.
6. IC ( Integrated Circuit )
ic
Komponen IC atau kepanjangan dari integrated circuit yaitu komponen aktif  perpaduan dari komponen-komponen aktif (transistor,fet atau mosfet) dan komponen passif contohnya resistor, capasitor, dioda dan sebagainya. Yang terintegrasi menjadi satu. Jadi sesungguhnya komponen IC adalah suatu rangkaian elektronik yang dikecilkan. Didalam pemakaianya kita cukup menambahkan beberapa komponen luar saja supaya bekerja menjadi rangkaian elektronik yang lengkap.
Bahan pembuatan komponen IC yaitu semi konduktor. Didalam sebuah IC bisa terdapat beberapa ratus dan bahkan beberapa ribu komponen-komponen aktif maupun pasif. Pembuatan IC  tentu amat rumit dan membutuhkan teknologi canggih. Dengan adanya IC sebuah rangkaian elektronik dapat lebih kompak lagi. Terlebih yang versi SMD ( surface mount  device ), sebuah IC SMD dapat berukuran 3-5 kali lebih kecil.
Sumber


Blog, Updated at: 8:50 AM
Powered by Blogger.