Cara Meningkatkan Performa Laptop

Posted by

Performa laptop merupakan hal yang sangat penting yang wajib Anda perhatikan setiap saat. Performa laptop yang baik tentunya akan meningkatkan daya kinerja Anda sehari-hari. Terlebih, Anda tidak perlu repot-repot mengumpat karena laptop Anda menjadi lambat jika performa laptop Anda terjaga kualitasnya. Tingkat efektifitas performa laptop sendiri ditentukan oleh banyak faktor, terutama faktor internal. Banyaknya data yang tersimpan serta banyaknya aplikasi yang Anda instal dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda. Mengingat pentingnya performa laptop bagi aktivitas Anda sehari-hari, kiranya Anda perlu mencoba beberapa cara berikut untuk meningkatkan performa laptop Anda kembali.



meningkatkan-performa-laptop

Meningkatkan Performa Laptop Secara Manual
Ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kembali performa laptop Anda yang kian melambat. Salah satunya adalah dengan cara manual. Cara manual pertama yang patut Anda coba adalah dengan meng-klik kanan pada ikon Start dan memilih menu Properties. Setelah itu, Anda harus meng-klik menu Advance kemudian memilih menu Setting. Kemudian pada menu Setting, Anda diwajibkan meng-klik menu Adjust for Best Performance dan menandai beberapa ikon seperti Show Window Contents while Dragging, Use Visual Styles on Windows Buttons, Use Drop Shadows for Icon Labels on the Desktop, dan Use Common Task in Folder. Setelah Anda meng-klik tiap ikon atau membubuhkan tanda checklist pada tiap ikon, Anda bisa langsung meng-klik menu OK. Jangan lupa untuk me-restart laptop Anda setelah semua proses selesai. Selain cara tersebut, masih ada cara manual lain untuk meningkatkan performa laptop Anda, yaitu dengan mematikan aplikasi yang tidak diperlukan saat proses start-up. Cara mudah mematikan aplikasi-aplikasi yang cukup memberatkan performa laptop Anda adalah dengan meng-klik menu Start kemudian ketik msconfig di space yang tersedia. Setelah itu klik enter dan klik Startup. Kemudian, Anda wajib melakukan un-check pada beberapa aplikasi-aplikasi yang menurut Anda sudah tidak diperlukan dan tidak menunjang proses Startup. Setelah selesai dengan proses tersebut kemudian klik OK dan coba untuk me-restart laptop Anda kembali.

Meningkatkan Performa Laptop dengan Aplikasi-Aplikasi Digital
Selain dengan cara manual, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang didesain untuk membantu meningkatkan performa laptop Anda dengan cepat dan mudah. Salah satu aplikasi yang terpercaya adalah System Tool. System Tool adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu menyusun maintenance terjadwal. Anda dapat dengan mudah menggunakannya dan menentukan kapan laptop Anda harus mendapat perawatan otomatis. Selain System Tool masih ada aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan seperti Disk Cleanup. Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk menyortir file atau program yang sudah tidak terpakai. Caranya hanya dengan menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut dapat secara otomatis mengingatkan Anda untuk menghapus beberapa file yang memberatkan performa laptop Anda. Jika Anda setuju untuk menghapus file-file tersebut, Anda hanya perlu meng-klik ikon OK.

Laptop yang memiliki performa yang baik tentunya akan mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari. Selalu memperhatikan laptop Anda dan melakukan pengecekan berkala terhadap performa laptop Anda adalah cara terbaik untuk memantau seberapa perlu Anda melakukan boost up untuk meningkatkan performa laptop Anda kembali. Hindari terlalu banyak menyimpan data adalah cara yang mudah untuk mencegah menurunnya performa laptop Anda secara drastis.
Sumber


Blog, Updated at: 8:34 PM
Powered by Blogger.