6 Tips Cerdas Memilih Laptop

Posted by

Laptop  saat ini sudah bukan merupakan barang mewah lagi, maka tak heran apabila laptop saat ini digunakan oleh berbagai kalangan dalam menunjang aktifitas mereka. Bagi kalangan pekerja kantoran, laptop digunakan untuk meningkatkan produktifitas dan mobilitas kerja, bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, laptop sudah menjadi barang yang wajib ada untuk menunjang aktifitas belajar mengajar, bahkan bagi temen-temen yang suka nge-game pun sekarang sudah tersedia laptop gamer yang tidak kalah kinerjanya dengan komputer desktop. Dipasaran pun berbagai merek dan tipe laptop sudah sangat banyak dan membuat kita bingung untuk menentukan laptop yang cocok buat kita.

memilih laptp

Dalam artikel ini tips4laptop.com akan memberikan beberapa  tips dalam menentukan laptop seperti apa yang harus kita miliki atau kita beli sehingga tidak menyesal dikemudian hari. Inilah 5 tips cerdas memilih laptop:

1. Tentukan Dulu Tujuan Penggunaannya.

Tips pertama untuk memilih laptop adalah menentukan untuk apa nantinya laptop tersebut akan digunakan. Disini kita bisa menentukan apakah nantinya laptop akan digunakan untuk menunjang aktifitas kerja atau belajar, sebagai sarana hiburan bagi semua anggota keluarga di rumah seperti bermain game online, menonton film atau memutar lagu, atau Anda akan menggunakan laptop sebagai aset bisnis Anda dan tujuan-tujuan lainnya.

2. Berapa Budget Maksimum Yang Akan Kita Keluarkan

Setelah menimbang-nimbang tujuan penggunaan laptop kita nantinya, tips kedua dalam memilih laptop ini adalah menentukan besarnya biaya yang akan kita keluarkan. Kalau besarnya biaya tidak masalah bagi Anda, maka langkah ini bisa Anda lewati. Besarnya biaya ini harus diperhatikan apabila kita akan membeli laptop untuk kegiatan bisnis, maka selain harga hardware laptop, kita juga harus siap-siap untuk minimal membeli lisensi sistem operasi yang akan kita pakai, karena apabila untuk kepentingan bisnis ini kita menggunakan software bajakan, selain membawa citra yang jelek bagi perusahaan, juga kita akan was-was apabila suatu saat kena razia yang berwajib.

3. Tentukan Spesifikasi Laptop

Langkah ketiga ini merupakan inti ketika kita akan memilih laptop. Dalam menentukan spesifikasi laptop ini tergantung dari 2 hal sebelumnya yaitu tujuan dan budget. Beberapa poin yang harus diperhatikan misalnya:
  • Berapa inch ukuran layar yang dibutuhkan
  • Berapa lama kira-kira laptop akan dipergunakan secara mobile, ini berhubungan dengan memilih spec baterai laptop
  • Pilih Processor Intel atau AMD, selain berhubungan dengan budget (dengan spec yang sama biasanya harga processor AMD lebih murah bila dibanding Intel)
  • Pilih Laptop yang sudah terdapat OS original didalamnya atau pilih laptop kosongan tanpa OS,
  • Perhatikan tipe Graphic Card yang digunakan, terutama apabila nantinya laptop akan digunakan untuk menjalankan game-game berat.
  • Perhatikan juga besarnya hardisk dan memory yang terinstall
  • Perhatikan port imput/output yang sudah tersedia seperti port USB, HDMI dan sebagainya

4. Tentukan Brand dan Tipe Laptop

Langkah ini sangat berhubungan dengan langkah ketiga dalam hal pemilihan laptop. Misalnya setelah kita pergi ke sebuah toko komputer, kita akhirnya mengantongi 3 tipe laptop yang dalam hal spesifikasinya tidak jauh berbeda. Maka langkah selanjutnya kita memilih laptop mana nantinya yanga akan kita beli. Untuk menentukan pilihan ini ada baiknya kita lihat merek dari laptop - laptop tersebut. Laptop dari merek terkenal bisa kita adikan prioritas. Begitu pula dengan tipe laptop, misalkan dari satu pabrikan ternyata ada 2 tipe pilihan, maka kita bisa memilih tipe yang paling baru.

5. Perhatikan Layanan Purna Jual

Ini juga yang harus kita perhatikan, berapa lama garansi yang diberikan, lokasi service center terdekat yang bisa kita hubungi ketika laptop kita mengalami kerusakan dan lain sebaginya. layana pirn ual ini kadang erat kaitannya dengan merek dari laptop tersebut.

6. Bertanya-bertanya dan bertanya.

Apabila kita sudah mengantongi beberapa tipe laptop yang kita anggap cocok, maka sebagai langkah terakhir kita bisa meminta pendapat orang lain yang sudah menggunakan tipe laptop tersebut. Kita bisa bertanya ke temen, berkunjung ke blog atau forum, melihat tipe mana yang paling laku dipasaran karena logikanya semakin banyak orang yang membeli tipe tersebut berarti semakin banyak orang yang merasa puas dengan kinera laptop tersebut.
Sumber


Blog, Updated at: 7:52 PM
Powered by Blogger.